Powered By Blogger

Rabu, 03 November 2010

Latihan Renang untuk Pemula

Untuk bisa mahir berenang diperlukan latihan rutin dan terus-menerus. Berenang sebenarnya hanya membutuhkan latihan yang sungguh-sungguh dan sering. Bagaimanapun juga dalam renang tidak berlaku pintar teori juga pasti pintar praktek. Hal tersebut tidaklah benar. Apalah gunanya bila teori bagus namun tidak pernah latihan, maka yang akan terjadi adalah kegagalan.
Tentunya hal tersebut sungguh suatu hal yang harus dan akan selalu kita hindari. Pandai berenang banyak sekali manfaatnya, di antaranya adalah: apabila terjadi banjir kita tidak akan takut tenggelam karena bisa berenang, bila suatu saat terjadi kecelakaan pesawat terbang dan mengharuskan untuk mendarat darurat di laut maka kita tidak akan khawatir hilang di laut karena paling tidak kita bisa berenang, dll.
Begitu banyak manfaat berenang hingga banyak orang berbondong-bondong untuk berlatih renang. Untuk menjadi perenang handal dan professional, seseorang tentunya harus memulainya dari pemula.
Dan sebagai seorang pemula, seseorang harus memiliki tingkat keseriusan yang tinggi untuk menjadi perenang professional. Untuk itu berikut ini adalah beberapa catatan tentang latihan renang untuk pemula yang bisa diperhatikan.
-       latihan renang untuk pemula sebaiknya dengan didampingi oleh seseorang yang sudah ahli. Bagaimanapun juga, seorang pemula masih belum begitu terlalu berani mengeksplore dibandingkan dengan yang sudah ahli. Jangankan mengeksplore gerakan renang, menstabilkan gerakan renang mungkin juga belum bisa. Oleh sebab itu agar tak terjadi sesuatu yang membahayakan diri sendiri, maka sebaiknya latihan renang untuk pemula didampingi oleh pelatih yang sudah ahli.
-       Sedikit-sedikit tapi rutin. Artinya, berenang tak membutuhkan keahlian khusus. Berenang hanya membutuhkan kebiasaan dan kemahiran. Kemahiran bisa diciptakan dengan berlatih rutin setiap hari tanpa mengenal lelah. Seminggu sekali mungkin lebih efektif dibandingkan dengan setahun sekali. Bahkan mungkin bila ingin segera mahir seseorang harus berlatih setiap hari meski hanya satu atau dua jam. Bagaimanapun juga praktik lebih penting daripada teori, latihan rutin lebih terasa hasilnya daripada tidak pernah sama sekali.
-       Latihan renang untuk pemula berikutnya adalah sering-sering berlatih ayunan kaki di kolam renang. Kelincahan kaki sangat penting pada saat renang terutama bagi yang masih pemula, karena hal itu untuk menentukan apakah perenang pemula tersebut tidak tenggelam ataukah tenggelam.
-       Latihan renang untuk pemula berikutnya adalah latihan meluncur. Meluncur dilakukan bila ayunan kaki sudah bisa mengambang dengan baik. Bila belum terlalu sempurna, maka latihan meluncur bisa ditunda sampai benar-benar siap dan bisa.
Latihan renang untuk pemula memang cukup rumit bila dibandingkan dengan yang sudah mahir. Pada dasarnya semua tergantung keinginan. Bila seseorang menginginkan untuk cepat bisa renang maka seharusnya secara rutin dia harus berlatih renang, setiap hari bila perlu.
Berikutnya, dimanakah latihan renang untuk pemula bisa dilakukan?
Tentu saja di kolam renang. Hanya saja kolam renang bisa bersifat pribadi bisa juga menyewa. Bila di dalam rumah terdapat kolam renang, itu sangat bagus. setidaknya setiap hari kita bisa latihan renang dan itu tentunya sangat membantu kita.
Namun bila di dalam rumah kita tak ada kolam renang, maka kita bisa pergi ke pemandian umum untuk berlatih renang. Bila untuk pemula sebaiknya memilih pemandian saat sepi, untuk meminimalisir rasa malu. Bisa juga pemandian yang diperuntukkan untuk sejenis saja, tidak campur antara laki-laki dan perempuan.
Latihan renang untuk pemula bisa dilakukan kapan saja sebenarnya, sesuai dengan keinginan dan keseriusan kita. Semakin tinggi tingkat kemauan kita untuk bisa, maka kita akan semakin rutin untuk berlatih berenang, begitu pula sebaliknya. Bila ada pertanyaan, seseorang yang masih dalam taraf latihan renang hendaknya tidak segan-segan untuk bertanya pada instruktur renang. Hal itu untuk kebaikan dia sendiri tentunya.

sumber

Tidak ada komentar: